Tags

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

TIPS MEMPERKIRAKAN ANGGARAN UNTUK MENGISI

INTERIOR UNIT SEWA APARTMENT SEDERHANA (UP-GRADE)

 

Cartoon family house

House cartoon interior. Cartoon living rooms with furniture.

INTRO

Berapa harga sewaa apartment sederhana? Berapa investasi isinya ? untuk apartment sederhana dengan tujuan investasi/passive income (2kmr) rata – rata apartment ini berlokasi di secondary lokasi. Market sewa kurang lebih Rp 17 – Rp 30jt/thn, tergantung lokasi dan kondisi unit (kosong, semi furnished, full furnished) , untuk market semi furnished berkisar Rp 16-Rp 18jt/thn (contoh semi furnished,kemungkinan mayoritas permintaan sewa, harga lebih murah, untuk jangka menengah dan panjang, untuk karyawan/ keluarga muda) apabila untuk menaikan sewa, kondisi dinaikan ke full fulnished.

muebles-de-la-casa

 

ANGGARAN UP – GRADE

Biaya/anggaran untuk upgrade full furnished dapat diperoleh dari 2 pendekatan, yaitu U:

  1. Dari Market

Lihat market untuk full furnished ( umumnya untuk penyewa yang butuh kenyamanan ala hotel dengan sewa jangka pendek & menengah, yaitu bulan sampai dengan 3 bulanan).hal ii bersaing dengan hotel budget dengan tarif harian + service (rata – rata Rp 300rbuan/hari)/ Kamar only atau sebulan kurang lebih Rp 9jt (1 kamar). Untuk apartment terdiri dari 2 kamar, 1 kamar mandi, ruang duduk/makan, pantry/dapur, ruang jemur umumnya bila sewa bulanan kurang lebih Rp 2,5jt- 3juta/bln kelebihan hari Rp 300rb/hari. Asumsi : Dengan harga market rata- rata Rp 2,7jt/tahun, maka ada kenaikan sebelum full furnished = Rp 27- 17 = Rp 10jt/thn. Hitungan angaran untuk Up-grade unit adalah 3x ilai kenaikan yaitu = 3 x Rp 10jt = Rp 30jt. Kenapa demikian? Karena biaya interior sebaiknya dapat kembali dalam waktu 3 tahun. Bagaimana dengan anggaran Rp 30jt untuk upgrade? Caranya sebagian ex-furniture semi furnished, tetap di berdayakan. Untuk semi furnished biaya kurang lebih Rp 15jt-an). Sedang biaya full furnished apabila dari kondisi kosong, untuk unit type 2 kamar apartment sederhana ,biaya sekitar Rp 45- Rp 60jt/unit

  1. Dari Budget

Asumsi : Punya anggaran untuk Up-Grade hanya Rp 15jt, bila by budget demikian, tidak masalah tetapi, kemungkinan nilai sewa dibawah Rp 27jt/thn. Yaitu sekitar Rp 22jt/thn. Tapi apabila bisa mendapatkan profesional interior yang memungkinkan untuk anggaran up-grade Rp 15jt, tetapi menjadi bernilai Rp 30jt, akan lebih baik, tetapi jarang terjadi kecuali pemilik unit adalah ahli juga di bidang ini.

 

Salam sukses.

Bu Endang