Tags

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

SERBA SERBI BESARAN SEWA APARTMENT MUNGIL (BAGI INVESTOR PEMULA)

Apartment_Symbol_pictogram.png

INTRO

Saat ini perkembangan penawaran apartment begitu tinggi, setidaknya terlihat dalam setiap pameran property, begitu banyak brosur yang ada adalah penawaran apartment, apartment sendiri, perkembangan yang ada mengalami berbagai inovasi, setidaknya dari sisi luasan per unit, apabila penawaran apartment sebelum 2000an, luasan apartment relatif lebih besar dibanding yang ditanam setelah tahun 2000an. Sedikit membandingkan minimal dari koleksi brosur dari pameran yang pernah ada, pada tahun 200an untuk type unit 2 kamar, luas pada rata rata 100m-an, saat setelah tahun 2000an untuk type 2 kamar, rata – rata sekitar 30m2 – 40m2. Pada penawaran tahun 2000an, ada unit- unit besar berukuran 200m2- 500m2an, yang saat ini sulit untuk di peroleh.

BATASAN

Dalam tulisan ini dibatasi untuk apartment type 2 kamar (40m2an) yang mayoritas ditawarkan setidaknya dalam setiap pameran apabila bapak ibu yang telah memiliki unit apartment dan yang berminat untuk passive income (untuk investasi), ada sedikit info untuk sewa apartment mungil dalam pasaran sewa apartment (contoh untuk apartment mugil 2 kamar, lokasi diluar prime location).

3 SERBA SERBI MODEL PENAWARAN SEWA : ada 3 istilah model sewa ,yaitu :

  1. Kondisi kosong
  2. Semi Furnished
  3. Full Furnished & Decor

 

keep-calm-and-rent-an-apartment-9

Masing – masing model ada (tergantung lokasi) Type konsumen sendiri :

  1. Kondisi Kosong

Adalah unit disewakan tanpa furniture apapun (kecuali AC) siapa konsumennya? Biasanya konsumennya untuk yang sewa jangka panjang dan sudah punya perabotan sendiri yang sayang bila tidak dipakai. Keuntungannya bagi penyewa ,harga sewa rendah ,keuntungan bagi pemilik tidak perlu menyediakan biaya untuk furniture & perabotan. Sulitnya, apabila unit tersebut sudah diisi perabotan untuk kondisi kosong, harga sewa kurang lebih Rp 12jtan/thn (service charge & shinking fund = ditanggung penyewa  )

  1. Kondisi Semi Furnished

Adalah unit disewakan dengan furniture pokok tanpa dekorasi, ruangan asli (existing) tetap ada AC. Furniture : Tempat tidur utama + lemari, temapt  tidur anak + lemari, sofabed, lemari TV + TV, kitchen set lemari atas. Biaya untuk mengisi semi furnished kurang lebih Rp 20jt-an. Siapa konsumennya : Biasanya konsumennya karyawan keluarga muda, untuk sewa jangka 0bulan – 1thn dan kemungkinan diperpanjang. Harga sewa kurang lebih Rp 17jt-an – 24 jt-an/thn.

  1. Kondisi Full Furnished

Adalah unit disewakan dengan furniture lengkap AC, dinding wallpaper, lampu dekor, interior full, kitchen set + kompor, kulkas, TV selain furniture pokok. Biaya untuk mengisi full funished kurang lebih Rp 60jt-an – Rp 80 jt-an . Siapa konsumennya ? Biasanya konsumennya adalah untuk transit, tpai perlu kenyamanan layaknya nuansa hotel, tapi lebih murah dan ada pantry. Sewa  yang umumnya hanya untuk harian bulanan, 3 bulanan saja. Harga sewa perbulan sekitar Rp 2,5jt- Rp 3,5jt-an/bulan. (Service charge & Shingking fund, ditanggung penyewa proporsional bulan karena dibayar per 3 bulan). Bagaimana cari konsumennya? Konsumen bisa di cari sendiri/iklan/titip ke agency property. Bila titip ke agent property ada fee umumnya 5% dari harga sewa.

 

Selamat mengelola investasi.

 

 

Salam sukses

Bu Endang