Tags

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

SEKILAS PILIHAN INVESTASI PROPERTY BELI SECOND  ATAU BELI PRIMARY PRODUCT (APARTMENT SEDERHANA) BAGI PEMULA

INTRO

Saat ini dipasaran banyak penawaran untuk investasi property dalam bidang unit apartment, baik secondary maupun primary product. Apa itu bedanya?

  1. Secondary Product, adalah unit apartment yang sudah dimiliki property pertama. Kelebihannya adalah unit sudah ready untuk disewakan dan s udah ada patokan harga sewa. Kelemahannya, harga lebih tinggi (kecuali penjual Butuh Uang)
  2. Primary Product, adalah unit apartment yang baru di bangun developer ( biasanya inden) jadi bangunan belum ada, tetapi baru berupa gambar dan tanah yang dalam proses pembangunan. Kelebihannya, harga lebih murah terlebih bila belinya di awal pembangunan (umumnya sampai dengan selesai pembangunan) kurang lebih 2-3 thn ada kenaikan kurang lebih 30%. Kelemahan, bangunan belum ada jadi baru dapat di sewakan setelah bagunan jadi (2-3 thn lagi) harus pandai memilih developer.

11219238-Illustration-of-a-cartoon-city-near-the-sea-for-summer-holidays-Stock-Vector

SARAN HARGA

  1. Secondary product, lebih mudah untuk patokan harga, yaitu dari nilai pasaran sewa di apartment tersebut (cari info di agent setempat) . Simulasi : harga sewa pasaran (patokan semi furnished) Rp 18jt/thn maka harga unit apartment tersebut sekitar kurang lebih Rp 225jt-an yaitu dengan perhitungan ROI 8%/thn (patokan ROI minimun) harga beli = 100/8 x Rp 18jt = Rp 225jt
  2. Primary product , karena produk belum ada jadi belum ada patokan market, disarankan beli product primer yang berupa “kondotel” (kondominium hotel), yang sudah ada operatornya. Kenapa demikian? Karena dalam kondotel, biasanya ada operator yang dapat menjamin ROI, biasanya dijamin 2thn dan operator biasanya yang sudah ada brand hotel ternama untuk mengelola minimal 10thn yang dipilih developer. (ROI dijamin selama 2 thn biasanya 16% atau 8%/thn) selanjutnya diberikan hasil sewa secara proporsional. Jadi tinggal  mencari harga sesuai budget.

 

 

Salam sukses.

Bu Endang