Tags

, , , , , , , , , , , , , , , ,

images (1)

Arti ROI ideal (umumnya) untuk pengelolaan > 8%/thn untuk mudahnya, dengan contoh apabila bapak/ibu mendengar/melihat di pameran properti maka untuk yang menawarkan kondotel (Kondominimum hotel), biasanya akan menawarkan ROI 16% ? (2thn) . Disini termaksud, bahwa 16% adalah dalam 2thn (8%/thn) jadi harus jeli.

APA ARTINYA?

Contoh ;

Misalnya kondotel seharga Rp 500jt/unit , Bapak/Ibu selama 2 thn akan dijamin mendapat hasil sewa = 16% x Rp 500jt = Rp 80jt 9 (Tapi itu dalam 2 thn lho… Atau Rp 40jt/thn).  Berarti aset kondotel seilai Rp 500jt bila dianggap modal (karena bapak/ibu harus melunasi sebesar tersebut/bisa cash/KPA) akan kembali dalam waktu 12,5thn ( Rp 500jt ; Rp 40jt/thn = 12,5thn), asumsi harga sewa per thn tetap. Untuk investasi pengelolaan pada saat ini adalah umum walau belum ideal (beberapa waktu yang lalu saat kondotel belum menjamur, ROI ini dipatok senilai 10% atau modal kembali dalam 10thn). Yang perlu dicatat disini khusus untuk investasi pengelolaan selain ROI, maka ada pasangannya yaitu ‘Capital Gain’.

Apa itu Capital Gain?

Artinya , apabila aset Bapak/Ibu tersebut dijual, pastinya kaan dijual dengan harga lebih tinggi dari pada saat bapak/ibu beli bukan? Maka selisih angka tersebut disebut Capital Gain (keuntungan waktu dijual).

Berarti, Misalnya aset tersebut sampai hitungan modal kembali (12,5thn), tidak dijual dan baru dijual setelah thn ke 12,5 malan bapak/ibu akan mendapat :

  1. Modal Bapak/Ibu yang Rp 500jt telah kembali pada th ke 12,5
  2. Aset tetap milik Bapak/Ibu senilai Rp 500jt + kenaikan harga.
  3. Apabila aset dijual bapak/ibu akan menerima hasil senilai aset pada thn ke 12,5thn (dijual pada saat harga bagus).
  4. Bagaimana bila aset tidak dijual ? apabila aset tidak dijual, setelah thn ke 12,5 (setelah pengembalian modal) maka asil sewa kondotel menjadi passive income.

 

–>Article original create by ESMODEC